Kamis, 25 Februari 2010

Kesenjangan Sosial Ekonomi

Kesenjangan social ekonomidi Indonesia sering tidak sama.Hal ini terbukti dari kurang adanya kesempatan untuk memperoleh sumber pendapatan ,kesempatan kerja,kesempatan bekerja ,kesempatan berusaha dan kesempatan berpartisipasi dalam pembangunan. Faktor-faktor yang dapat menyebabkan kesenjangan social adalah :

1. menurunya pendapatan perkapita tanpa diimbangi peningkatan produktivitas
2. ketidak merataan pembangunan antar daerah

Sehingga dalam hal ini dapat diambil kesimpulan bahwa semakin besar perbedaan untuk mendapatkan kesempatan semakin besar pula kesenjangan social ekonomi yang terjadi dalam masyarakat.untuk mengatasi hal itu maka pemerintah melakukan

1.Menghapus kemiskinan

2.Memberikan pekerjaan kepada pengangguran

3.Mengapus kesenjangan social


*Pencematran Lingkungan Alam

Modernisasi yang terjadi di lingkungan kia mengakibatkan manusia lupa akan kondisi disekitarnya. Banyak sekali bencana alam yang terjadi karena ulah manusia, diantaranya yaitu banjir,karena manusia menebang hutan seenaknya sendiri, gempa bumi , tanah longsor dll. Modernisasi juga berdampak pada anak- anak muda jaman sekarang kususnya anak laki-laki,yang hobi mengotak-atik motornya dan mengganti kanlpot asli dengan knalpot yang bersura keras ,yang tidak ramah lingkungan dan menimbulkan asap yang banyak.jika setiap hari banyak sekali asap-asap kotor di lingkungan kita. Maka lapisan ozon di bumi kita akan menipis.Mungkin kita dapat membantu mencegahnya dengan cara

1.Menanam pepohonan di sekitar kita

2.mengurangi asap-asap kotor di lingkungan kita

3.Mengganti bahan bakar motor yang ramah lingkungan

*Kriminalitas

Kriminalitas umumnya sering terjadi dikota-kota besar, karena sebagian besar para pelakunya adalah orang-orang yang ekonominya lemah dan juga pengangguran.Kriminalitas sering terjadi dimana-mana ,kejahatan seperti ini terjadi karena adanya kesempatan. Tapi sekarang bukan hanya orang lemah saja yang melakukan kriminalitas, tetapi orang kayapun kini ikut serta.Mereka belomba-lomba untuk mendapatkan kekayaan misalnya korupsi. Padahal mereka tau bahwa korupsi itu selain juga dapat kesenangan karena mendapatkan uang. Juga dapat memberikan kesengsaraan bagi dirinya sendiri, umumnya para penjahat paling banyak dipusat perbelanjaan.

Cara untuk mengatasi kriminalitas :
- Membuka lapangan pekerjaan agar tidak ada lagi yang menganggur dan berbuat kriminalitas

- Pemerintah harus bertindak dan jangan menyepelekan

- Negara harus memberi hukuman yang berat agar pelaku kriminalitas takut dan tidak mengulanginya lagi


*Lunturnya Eksistensi Jati Diri Bangsa

Globalisasi ditandai dengan lunturny budaya Indonesia karena terpengaruh budaya barat, contohnya internet dilain sisi internrt sangat merugikan bagi masyarakat. Lalu anak-anak muda sekarang mulai melupakan musik-musik Indonesia seperti lagu nasional, tarian daerah juga mulai dilupakan, padahal tarian adalah asset bangsa Indonesia yang harus dilestarikan karena pengaruh budaya barat masyarakat hanya mengenal tarian dari budaya barat yaitu dance.Kesenian Indonesia mulai luntur seperti wayang, keroncong sudah mulai dilupakan. Maka dari itu kita harus mencegahnya seprti :

1. Menumbuhkan rasa cinta tanah air

2. Mencintai produk dalam negri

3. Mencintai budaya – budaya asli Indonesia

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar